Senin, 02 Januari 2012

Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Namakelas / Semester             :  IX (Sembilan) / Semester II
Mata Pelajaran                        :  IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                         :  1X 15’ ( 1X Pertemuan )
Standar Kompetensi             : 4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam   kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar                 : 4.2. Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi.
A. Tujuan Pembelajaran
1.            Menjelaskan pengertian gaya Lorentz.
2.            Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya Lorentz.
3.            Menjelaskan aplikasi gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari.
B. Materi Pembelajaran
Kemagnetan
C. Metode Pembelajaran
1.            Model               : –  CTL
2.            Metode            : – Diskusi kelompok,dan Ceramah,


D. Langkah-langkah Kegiatan
NO
Kegiatan
waktu
1.


2.











3.

a.   Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan Apersepsi:
1.      Faktor apakah yang mempengaruhi besarnya gaya Lorentz?
2.       Prasyarat pengetahuan:
3.       Apakah yang dimaksud dengan gaya Lorentz?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
1.      Menjelaskan pengertian gaya Lorentz.
2.      Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya Lorentz.
Elaborasi
1.      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gaya Lorentz.
2.      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya Lorentz.
3.      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan aplikasi gaya Lorentz.
Konfirmasi
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
  1. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
  2. Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
  3. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan


3 menit



9 menit











3menit
E. Sumber Belajar
  1. Buku IPA Terpadu
  2. Buku referensi yang relevan
  3. Lingkungan
F.    PENILAIAN
1.      Teknik              : Tes tertulis
2.      Bentuk             : Uraian dan uji kerja prosedur

Semarang,4 April 2011
Mengetahui,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar