RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
( RPP )
Namakelas / Semester : IX (Sembilan) / Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu : 1X 15’ ( 1X Pertemuan )
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu : 1X 15’ ( 1X Pertemuan )
Standar Kompetensi : 4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : 4.2. Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi.
A. Tujuan Pembelajaran
1. Menjelaskan pengertian gaya Lorentz.
2. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya Lorentz.
3. Menjelaskan aplikasi gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari.
B. Materi Pembelajaran
Kemagnetan
Kemagnetan
C. Metode Pembelajaran
1. Model : – CTL
2. Metode : – Diskusi kelompok,dan Ceramah,
D. Langkah-langkah Kegiatan
NO | Kegiatan | waktu |
1. 2. 3. | a. Kegiatan Pendahuluan Motivasi dan Apersepsi: 1. Faktor apakah yang mempengaruhi besarnya gaya Lorentz? 2. Prasyarat pengetahuan: 3. Apakah yang dimaksud dengan gaya Lorentz? b. Kegiatan Inti Eksplorasi 1. Menjelaskan pengertian gaya Lorentz. 2. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya Lorentz. Elaborasi 1. Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gaya Lorentz. 2. Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya Lorentz. 3. Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan aplikasi gaya Lorentz. Konfirmasi 1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa 2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan c. Kegiatan Penutup
| 3 menit 9 menit 3menit |
E. Sumber Belajar
- Buku IPA Terpadu
- Buku referensi yang relevan
- Lingkungan
F. PENILAIAN
1. Teknik : Tes tertulis
2. Bentuk : Uraian dan uji kerja prosedur
Semarang,4 April 2011
Mengetahui,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar